Please wait...

Recent News & ArticleOur Blog

Definisi Strategi dalam Berbisnis
Definisi Strategi dalam Berbisnis

Kata “strategi” berasal dari kata Yunani “stratçgos”; stratus (artinya tentara) dan “lalu” (artinya memimpin / bergerak).

Strategi adalah tindakan yang diambil manajer untuk mencapai satu atau lebih tujuan organisasi. Strategi juga dapat didefinisikan sebagai “Arahan umum yang ditetapkan untuk perusahaan dan berbagai komponennya untuk mencapai keadaan yang diinginkan di masa depan. Hasil strategi dari proses perencanaan strategis yang rinci ”.

Strategi adalah tentang mengintegrasikan aktivitas organisasi dan memanfaatkan serta mengalokasikan sumber daya yang langka di dalam lingkungan organisasi untuk memenuhi tujuan saat ini. Saat merencanakan strategi, penting untuk mempertimbangkan bahwa keputusan tidak diambil dalam keadaan hampa dan bahwa tindakan apa pun yang diambil oleh perusahaan kemungkinan besar akan ditanggapi oleh reaksi dari mereka yang terkena dampak, pesaing, pelanggan, karyawan atau pemasok.

Strategi juga dapat didefinisikan sebagai pengetahuan tentang tujuan, ketidakpastian peristiwa dan kebutuhan untuk mempertimbangkan kemungkinan atau perilaku aktual orang lain. Strategi adalah cetak biru keputusan dalam organisasi yang menunjukkan tujuan dan tujuannya, mengurangi kebijakan utama, dan rencana untuk mencapai tujuan ini, dan mendefinisikan bisnis yang akan dijalankan perusahaan, jenis organisasi ekonomi dan manusia yang diinginkannya. , dan kontribusi yang akan diberikannya kepada pemegang saham, pelanggan, dan masyarakat luas.

Fitur Strategi

  • Strategi itu Penting karena tidak mungkin meramalkan masa depan. Tanpa pandangan jauh ke depan yang sempurna, perusahaan harus siap menghadapi peristiwa tidak pasti yang membentuk lingkungan bisnis.
  • Strategi berkaitan dengan perkembangan jangka panjang daripada operasi rutin, yaitu berkaitan dengan kemungkinan inovasi atau produk baru, metode produksi baru, atau pasar baru untuk dikembangkan di masa depan.
  • Strategi dibuat untuk memperhitungkan kemungkinan perilaku pelanggan dan pesaing. Strategi menghadapi karyawan akan memprediksi perilaku karyawan.

Strategi adalah peta jalan organisasi yang terdefinisi dengan baik. Ini mendefinisikan keseluruhan misi, visi dan arah organisasi. Tujuan dari strategi adalah untuk memaksimalkan kekuatan organisasi dan meminimalkan kekuatan pesaing.

Strategi, singkatnya, menjembatani kesenjangan antara “di mana kita berada” dan “di mana kita ingin berada”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.